AL

Rabu, 26 November 2014

Tempat Wisata di Pekanbaru

Tempat Wisata di Pekanbaru



Pekanbaru merupakan ibukota Provinsi Riau yang memiliki letak geografis yang strategis. Kota ini memliki objek wisata ,budaya ,kuliner serta sejarah yang menarik untuk disambangi. Berbagai obyek wisata mulai dari taman bermain hingga tempat-tempat yang menawarkan kegiatan olahraga tersedia di sini.Jangan ketinggalan juga untuk menikmati nikmat dan uniknya wisata kuliner yang didominasi aneka seafood di Kota Pekanbaru.


Berikut adalah Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib di Kunjungi :
      
1.  Riau Fantasi
Riau Fantasi adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini dibagi menjadi wahana basah dan wahana kering.
Di wahana permainan air, ada beberapa jenis kolam dan papan seluncur air misalnya saja Adventure Pool. Di kolam ini terdapat beberapa menara yang dihubungkan dengan jembatan goyang. Ada juga sebuah ember raksasa menggantung yang mampu menampung 3.000 liter air dan siap mengguyur Anda saat telah terisi penuh. Selain itu, ada kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter dan kolam anak dengan kedalaman 30 cm dilengkapi pancuran air untuk bermain.
Untuk wahana keringnya, ada berbagai permainan yangmenguji adrenalin seperti kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger. Jika ingin permainan yang lebih santai, Anda bisa mencoba komedi putar dan kereta wisata. Fasilitas pendukung di tempat wisata ini selain mushola, toilet dan kafetaria adalah gazebo dan free WiFi.
Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa atau seitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa menikmati wahana-wahana yang ada, Anda harus membayar sebesar 60.000 Rupiah pada hari Senin – Jumat dan 70.000 Rupiah pada hari Sabtu – Minggu.

       

2.    Taman Rekreasi Alam Mayang
Tempat wisata ini menawarkan wahana rekreasikeluarga di alam terbuka. Taman Rekreasi Alam Mayang dikelilingi oleh perbukitan, udara sekitarnya sejuk sehingga cocok digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Dari sini, Anda juga bisa melihat Jembatan Leighton yang melintasi Sungai Siak.
Di sini, terdapat tiga buah kolam pancing yang bisa digunakan untuk memuaskan kegemaran memancing Anda. Tak jarang tempat wisata di Pekanbaru ini dijadikan lokasi pertandingan memancing yang diadakan pemerintah setempat. Selain memancing, Anda bisa mencoba flying fox dan berbagai kegiatan outbound lainnya. Untuk kegiatan yang lebih santai, ada sepeda air dan bola air raksasa yang bisa Anda sewa.
Jika membawa anak-anak, ada arena mandi bola, taman bermain anak dan studio film 3D di tempat wisata seluas 24 hektar ini. Ada juga topeng monyet dan pertunjukan sulap badut yang menghibur Anda dan keluarga.
Taman Rekreasi Alam Mayang buka setiap hari pada mulai jam 08:00 sampai 18:00 dengan harga tiket masuk 20.000 Rupiah per orang.

   3.    Danau Buatan Lembah Sari

Danau ini terletak di Desa Limbungan yang berjarak 10 km dari pusat kota Pekanbaru. Pada awalnya, danau ini adalah sebuah bendungan irigasi yang digunakan untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga sekitar. Sampai kemudian, bendungan buatan ini dijadikan salah satu tempat wisata di Pekanbaru.
Dikelilingi perbukitan, tempat wisata keluarga ini cocok digunakan untuk piknik karena ada banyak pepohonan dan udaranya sejuk. Selain menggelar tikar dan piknik, Anda bisa menyewa perahu dayung dan sepeda air untuk berkeliling danau.
  
4.  Kebun Binatang Sang Kulim
Kebun binatang dengan luas 10 hektar ini menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi keluarga di akhir pekan. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak binatang yang bisa dikenalkan pada anak-anak mulai dari monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi.
Selain mengamati koleksi binatang, ada arena bermain anak-anak seperti papan seluncur, ayunan dan juga kolam pancing dan kolam renang anak. Jika beruntung, Anda juga bisa naik gajah dengan biaya 10.000 Rupiah per 10 menit.
Kebun Binatang Sang Kulim bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Untuk bisa masuk, Anda diharuskan membayar sebesar 20.000 Rupiah untuk pengunjung dewasa dan 10.000 Rupiah untuk pengunjung anak-anak.


   5.  Istana Siak Sri Indrapura
Bergeser sedikit dari pusat kota Pekanbaru, Anda bisa berkunjung ke Istana Siak Sri Indrapura. Istana yang sekarang telah menjadi tempat wisata ini adalah sisa peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan Islam terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai ke-20. Istana ini disebut juga dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.
Istana dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Bangunan utama mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu. Tempat berlantai dua ini tampak megah meskipun telah lebih dari 100 tahun berdiri. Pada lantai satu, Anda bisa melihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari batu pualam berhiaskan berlian. Ada juga sebuah gendang yang berusia lebih dari 200 tahun. Gendang ini terakhir kali dibunyikan pada tahun 1914 saat pelantikan Sultan Syarif Kasim II.
Di lantai dua yang dahulu merupakan kamar sultan dan kamar tamu kerajaan ini sekarang berisi koleksi senjata pusaka milik sultan. Selain itu ada lukisan Napoleon Bonaparte yang dikirim langsung dari Perancis. Banyaknya benda koleksi sultan yang berasal dari Eropa ini membuktikan bahwa pada zaman dahulu, Kesultanan Siak telah menjalin kerjasama internasional.
Untuk bisa melihat koleksi di sini, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 3.000 Rupiah. Tak hanya itu, untuk bisa masuk ke bangunan utama, Anda juga harus melepaskan alas kaki karena dikhawatirkan akan merusak lantai granit istana.

  6. Masjid Senapelan
Satu lagi sisa peninggalan Kesultanan Siak di Pekanbaru. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru ini dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Pada awal dibangun, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, Anda bisa melihatnya sebagai sebuah masjid megah didominasi warna kuning khas Melayu dan berkubah besar. Setelah direnovasi, ukuran masjid saat ini mencapai 60 x 80 meter.
Dahulu, di masjid ini terdapat sebuah sumur tua yang airnyadipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Konon, sumur ini sampai terdengar ke negeri tetangga dan membuat wisatawan dari Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia datang untuk membuktikannya. Sekarang sumur telah ditutup karena beberapa alasan.

    
   7. Masjid Agung An Nur
Masjid megah ini memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Masjid Agung An Nur disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utamanya yang berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India.
Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Yang menarik adalah adanya fasilitas free WiFi di sini.
Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempatwisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa belanja berbagai kuliner dan aksesoris seperti kopiah, tasbih, parfum dan masih banyak lagi.


      8. Perpustakaan Soeman H.S
Berwisata ke perpustakaan? Kenapa tidak. Jangan dibayangkan Perpustakaan Soeman H.S sebagai perpustakaan kecil, penuh dengan rak buku, terasa sempit dan membosankan. Di sini, Anda akan melihat bahwa perpustakaan bisa menjadi salah satu tempat wisata sekaligus belajar yang menarik. Nama perpustakaan diambil dari nama seorang novelis asal Riau, Soeman H.S.
Bangunan perpustakaan ini terlihat sangat unik dari luar. Bentuknya menyerupai sebuah rehal atau papan alas untuk membaca Al Quran. Perpustakaan Soeman H.S terdiridari enam lantai dan memiliki berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang pertemuan sampai auditorium. Ada juga ruangan khusus untuk literatur budaya Melayu. Perpustakaan ini disebut memiliki koleksi literatur budaya Melayu terlengkap di Indonesia.
Perpustakaan ini tak hanya untuk orang dewasa. Silakan bawa anak-anak ke tempat wisata edukasi ini. Di sini, ada Children Library dan Kids Corner yang sangat memanjakan anak-anak. Tak perlu memiliki kartu keanggotaan untuk bisa membaca koleksi buku di sini. Anda bebas membaca buku di sofa atau lesehan, ruang baca sangat nyaman karena dilengkapi dengan AC dan akses internet gratis.
Perpustakaan Soeman H.S terletak di Jalan Jenderal Sudirman 462, Pekanbaru. Anda tak dipungut biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata di Pekanbaru ini. Perpustakaan buka setiap hari Senin – Jumat pada pukul 08:00 – 17:00 dan hari Sabtu – Minggu pada jam 09:00 – 14:00.


    9.   Candi Muara Takus




Kompleks Candi ini berada di desa Muara Takus, Kecamatan 13, Kabupaten Koto Kampar. Berjarak sekitar 135 km dari kota Pekanbaru, dan sekitar 2,5 km dari pusat desa Muara Takus tidak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan.





 

 Di dalam kompleks ini terdapat empat bangunan candi yaitu:
  •  Candi Sulung
  • Candi Bungsu
  • Candi Mahligai
  • Candi Palangka
Dan enam bangunan lainya, yaitu:
  • Bangunan pertama: berupa onggokan tanah dengan dua lubang yang di perkirakan sebagai tempat pembakaran mayat.
  • Bangunan kedua: Bekas bangunan pondasi yang terbuat dari pasir, berbentuk segi empat dan belum di ketahui fungsi dari banguna tersebut.
  • Bangunan ketiga: Berbentuk segi empat yang berada di luar pagar keliling, dengan ukuran 3 mx 2,4 m.
  • Bangunan keempat: Berupa gundukan tanah yang di dalamnya terdapat batu bata.
  • Bangunan kelima dan keenam: Bangunan ini hanya tinggal pondasi saja
Yang semua bangunan dikeliligi oleh bangunan kuno.
Keistimewaan candi Muara takus dapat ditemukan mulai dari pertama kali menginjakan kaki di halaman depan candi, sekilas bentuk Candi Muara Takus tampak serupa dengan stupa Budha di Myanmar, stupa di Vietnam, dan stupa di Srilangka atau stupa kuno di India. Di kompleks Dandi Muara Terdapat jejak sejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya ratusan tahun silam.
 

  10.  Air Terjun Aek Martua
Rokan Hulu adalah sebuah daerah di Provinsi Riau yang menyimpan banyak obyek wisata alam yang masih belum banyak diketahui. Terdapat beberapa lokasi wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi pada kabupaten yang memiliki luas kurang lebih 7.449 km persegi tersebut. Diantara wisata alam yang dapat pengunjung temui di daerah Rokan Hulu ini adalah Air Terjun Aek Martua. Air terjun ini memang menjadi salah satu obyek wisata unggulan di daerah Riau.
Aek Martua sendiri adalah sebuah sungai di wilayah Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Provinsi Riau. Nama Aek Martua sendiri diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yakni suku Batak Mandailing, yang berarti air bertuah. Memang sedikit aneh, karena bahasa yang digunakan bukanlah bahasa dari suku mayoritas di Riau yakni suku Melayu. Namun semua itu tidak mengherankan, karena memang warga yang bermukim di dekat air terjun tersebut mayoritas dari suku Batak Mandailing. Jadi tidak mengheran apabila nama Aek Martua diambil menggunakan bahasa suku Batak Mandailing.
Air terjun ini memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri, yakni memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatan memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter sampai dengan yang tertinggi mencapai 40 meter. Dengan adanya keunikan dan keistimewaan tersebut, menjadikan banyak wisatawan menyebut Air Terjun Aek Martua dengan sebutan Air Terjun Tangga Seribu.
Selain itu, pemandangan yang disuguhkan di obyek wisata ini sungguh sangat mengagumkan dan menyegarkan. Airnya begitu jernih dan mengalir deras, pemandangan hutan yang sangat menawan yang menjadikan udara disekitar air terjun tersebut sangat segar dan menyejukkan, ditambah lagi adanya perpaduan dari bebatuan cadas dengan tekstur yang unik dan alami. Jadi tidak salah apabila air terjun Aek Martua menjadi salah satu obyek wisata favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 


 11. Selancar di Sungai Kampar (Ombak Bono)
Seperti yang kita ketahui, aktivitas berselancar biasanya dilakukan di laut. Namun siapa sangka bahwa berselancar ternyata bisa juga dilakukan di sebuah sungai. Yups, nama sungai tersebut adalah Sungai Kampar yang terletak di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Provinsi Riau. Sungai ini sangat unik karena memiliki gelombang yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk berselancar.
Gelombang yang ada di Sungai Kampar disebut Gelombang Bono. Gelombang ini terjadi karena adanya pertemuan antara arus pasang air laut dengan arus pasang air sungai. Peristiwa ini biasanya terjadi saat bulan purnama sekitar bulan Agustus hingga Desember. Awal kemunculan gelombang biasanya akan ditandai dengan suara gemuruh, baru kemudian disusul dengan datangnya gelombang dan ombak yang cukup besar. Tinggi Gelombang Bono dapat mencapai empat hingga enam meter dengan kecepatan sekitar 40 km/jam. Terkadang jumlah gelombang yang dihasilkan Gelombang Bono dapat mencapai tujuh lapis. Bahkan Gelombang Bono dapat menghasilkan sebuah kubah gelombang, seperti gelombang yang ada di laut dan bisa bertahan hingga dua jam lamanya. Oleh karena itu Gelombang Bono disebut juga dengan Gelombang Tujuh Hantu atau Seven Ghosts. Gelombang dan ombak di sungai ini cukup besar, sehingga tidak disarankan untuk para peselancar pemula.
Fasilitas
Sungai Kampar hampir selalu ramai oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Kebanyakan mereka ingin menikmati serunya berselancar di tempat ini. Beberapa penginapan sederhana yang bisa disewa oleh para pengunjung tersedia di tempat ini. Selain itu beberapa tempat makan juga akan Anda temul di sini.


Semoga Tempat Wisata di Pekanbaru diatas bermanfaat buat Anda dan wajib mengunjungi tempat wisata bagi para Travelling. Silahkan tinggalkan komentar Anda dan bagikan Tempat Wisata di Pekanbaru ini kepada teman-teman Anda dan juga ke Google Plus, Twitter, Facebook dan Linkedin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar